Total Tayangan Halaman

Senin, 29 Oktober 2012

Prosedur Pendirian Usaha dan Aspek SDM & Organisasi


Prosedur Pendirian Usaha
        Banyak badan usaha yang berkembang di Indonesia, seperti perorangan, PT, CV, Firma, waralaba dan lainnya. Namun kali ini saya akan membahas badan usaha yang berkaitan dengan waralaba.
Apa itu Waralaba ??
        Waralaba atau istilah sekaran g ini adalah franchise merupakan suatu usaha yang mengembangkan jaringan usahanya dengan cara memberikan kesempatan pada orang atau badan usaha lain untuk menduplikasikan usahanya secara mandiri.
Ada 6 kriteria yang harus di penuhi waralaba, yaitu :
·         Mempunyai ciri khas usaha atau keunikan
·         Terbukti sudah memberikan keuntungan
·         Memiliki standar atas pelayanan barang dan jasanya
·         Mudah diajarkan atau diaplikasikan
·         Adanya dukungan yang berkesinambungan
·         Hak kekayaan intelektual yang telah didaftarkan



Aspek SDM dan Organisasi
        Salah satu usaha yang akan saya jelaskan struktur Organisasinya adalah Klenger Burger. Toko Klenger Burger pertama kali terdapat di daerah Bintaro dan sudah terdaftar di Departemen Kehakiman dan Hak Cipta dengan nomor refistrasi : J00-2006009768 pada Bulan Februari 2006, Sertifikat Merek no : IDM000142431, bersertifikat halal dari MUI no : 013/TPH-KOTA/IX/2006 serta telah mendapatkan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba dengan no : 0005/1.824.271 pada tanggal 12 Mei 2010. Kantor pusat beralamat di jalan RC. Veteran No. 21 Bintaro, Jakarta Selatan.

Struktur Organisasinya



Tugas dari masing – masing jabatan
1.       Direktur
ü  Merupakan brand owner dari perusahaan
ü  Mangatur keseluruhan perusahaan
ü  Mengambil keputusan yang dinilai penting demi kelangsungan citra kesejahteraan perusahaan
ü  Bertindak sebagai perwakilan perusahaan dengan pihak luar

2.        Sekertaris Perusahaan
ü  Mengatur semua kepentingan administrasi perusahaan
ü  Bertanggung jawab atas surat-surat yang masuk dan keluar untuk perusahaan

3.       Head Internal Division
ü  Membuat laporan hasil kerja pada direktur
ü  Melakukan evaluasi rutin yang berhubungan dengan kinerja internal perusahaan
Dibagi menjadi 5 sub divisi, yaitu :
v  Finance
Mengatur anggaran belanja, neraca perusahaan dengan melakukan pengecekan ulang agar semuanya layak.

v  Accounting
Ø  Membuat laporan ulang untuk laporan pencatatan penjualan sehari – hari dan keuangan perusahaan, kemudian memberikan laporan tersebut kepada direktur.
Ø  Mengatur persediaan dan semua keuangan, pengeluaran sehari – hari termasuk kasir dan lain – lain.

v  Human Resources & General Affair
Ø  Melaksanakan aktivitas penyiapan ruang kerja dan peralatan kantor untuk seluruh pegawai, untuk memastikan ketersediaan ruangan kerja dan peralatan kantor bagi setiap pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatan.
Ø  Menjaga kesejahteraan karyawan. Dengan mengatur jamsostek dan mengatur inteview.
Ø  Menyediakan kebutuhan dan pengadaan ATK, peralatan kebersihan, keamanan, serta layanan foto kopi, dan penjilidan.

v  Logistic
Ø  Bertanggung jawab atas pengadaan bahan baku.
Ø  Bertanggung atas kondisi bahan baku, produksi, kadaluarsa, dan semua harus tahu mana yang masih dapat digunakan dan tidak.
Ø  Menyusun anggaran biaya logistik dan menjaga agar kegiatan operasional dapat berjalan dengan efisien dan efektif sesuai dengan anggaran yang dialokasikan.

v  Purchasing
Ø  Berhubungan langsung dengan pemasok.
Ø  Bertanggung jawab atas pembelian barang.
Ø  Bekerja sama dengan logistik untuk pengadaan bahan baku dan melakukan persiapan ulang sebelum bahan baku diantarkan ke outlet – outlet.
Ø  Melakukan pembelian alat – alat, barang, seperti office supplies, agar tersedia sesuai dengan yang dibutuhkan oleh setiap departemen.

4.       Head External Division
ü  Membuat laporan hasil kerja pada direktur
ü  Melakukan evaluasi rutin yang berhubungan dengan kinerja external perusahaan

 Head external division memiliki 5 sub divisi yaitu:

v  Operating
Ø  Mengecek ulang semua outlet dalam keadaan sesuai standar. Semua produk makanan dan minumannya adalah sesuai kualitasnya.
Ø  Melakukan penjualan dengan mengupayakan strategi – strategi penjualan untuk meningkatkan angka penjualan.
Ø  Memberi laporan atas penjualan kepada Accounting Manager.
Ø  Bekerja sama dengan Marketing Communication untuk melakukan promosi produk melalui beberapa media.

v  Marketing and Communication
Ø  Melakukan perencanaan untuk strategi pemasaran yang jitu bagi perusahaan.
Ø  Bekerja sama dengan Operasional dalam mempromosikan penjualan produknya melalui beberapa media.

v  Outlet Development
Ø  Menganalisa suatu daerah apakah perusahaan mempunyai peluang yang sangat besar untuk membuka outlet baru.
Ø  Menganalisa pasar atau menganalisis market apakah produk dari perusahaan akan dapat diterima oleh suatu pasar tersebut.

v  Creative
Ø  Bertanggung jawab untuk semua cetakan, material promotion yang ada di outlet PT. Kinarya Anak Negeri seperti membuat desain kemasan, desain poster, promotion table, sampai brosur.
Ø  Semua tugasnya menunggu persetujuan dari Manager Marketing and Communication, Head External Division dan Direktur, kemudian Creative Manager menghubungi staff untuk menyediakan semua kebutuhan untuk melakukan percetakan dan sebagainya.
Ø  Bertanggung jawab dalam membagikan macam – macam bentuk promosi dan harus mengetahui berapa jumlahnya yang masuk ke outlet – outlet.
Ø  Semua percetakan dan material promtion yang berbentuk visual maupun cetak merupakan tugas dari Creative Manager

v  Support
Ø  Membantu dan mensupport kegiatan yang dilakukan oleh divisi HR GA
Ø  Membantu dan mensupport team creative dalam melakukan kegiatannya.

PROSES REKRUTMEN
       Rekrutmen menurut Werther & Davis (1996) adalah proses menemukan dan menarik para pelamar yang memenuhi syarat untuk dipekerjakan.
Jadi Rekrutmen adalah proses mencari sumber daya manusia untuk menjalankan suatu usaha namun sumber daya manusianya itu harus cocok dengan perusahaan yang membutuhkannya.Rekrutment sendiri sebenarnya membutuhkan banyak biaya, waktu dan tenaga. Jadi sebelum perusahaan memutuskan untuk melaksanakan rekrutmen, sebaiknya dipertimbangkan dahulu berbagai tindakan lainnya seperti berikut :

·         Alih Daya (outsourcing): 
Menggunakan jasa eksternal untuk menjalankan pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan secara internal.
·         Karyawan tidak tetap (contingent workers): 
Karyawan paruh-waktu, karyawan sementara, atau kontraktor independen.
·         Organisasi Pemberi Kerja Profesional: 
Perusahaan yang menyewakan karyawan kepada perusahaan-perusahaan lainnya.
·         Kerja Lembur (overtime): 
Alternatif untuk mengatasi fluktuasi jangka pendek dalam beban kerja. Perusahaan bisa menghindari biaya-biaya rekrutmen, seleksi, dan pelatihan, sedangkan para karyawan memperoleh peningkatan pendapatan selama periode kerja lembur.

Didalam proses rekrutment terdapat hambatan dan tantangan yang mungkin dialami oleh perusahaan, yaitu :
ü  Rencana Stratejik dan Sumber Daya Manusia
ü  Kebiasaan Perekrut
ü  Kondisi Lingkungan
ü  Persyaratan Kerja
ü  Biaya
ü  Insentif

Sabtu, 06 Oktober 2012

Bisnis dan Teknologi Informasi


    1.  BISNIS
        Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Jadi bisnis itu adalah suatu kegiatan jual beli terhadap produsen ke konsumen atau penjual ke pembeli yang sama – sama mendapatkan keuntungan.

Fungsi Bisnis
        Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.

Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :
-Mencari bahan mentah (acquiring raw material)
-Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
-Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)

Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
-Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
-Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
-Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
-Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran

Teknologi Informasi dan dunia bisnis
        Bidang Teknologi Informasi memberi prospek pada bangsa Indonesia yang tengah dilanda krisis ekonomi. Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Jika dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk dan atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya.
Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan
Pemanfaatan Teknologi Informasi yang dilakukan dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan meliputi bidang-bidang sistem informasi akuntansi dan keuangan, sistem informasi properti, sistem informasi forwarding, sistem informasi pergudangan, sistem informasi sdm, sistem informasi poliklini, aplikasi audit internal (pengawasan spi), sistem persediaan atk/cetakan, sistem inventarisasi peralatan kantor, sistem electronic data interchange (edi) untuk pengiriman dokumen, website dan intranet, dan sebagainya.
   
   2.  Perkembangan Penggunaan Teknologi Informasi dan  Komunikasi    
         Istilah  teknologi  informasi  mulai  populer  di  akhir  tahun  70-an.  Pada  masa sebelumnya  istilah teknologi  informasi  biasa  disebut  teknologi  komputer  atau pengolahan  data  elektronis  (electronic  data  processing).  Teknologi  informasi didefinisikan  sebagai  teknologi  pengolahan  dan  penyebaran  data  menggunakan perangkat  keras  (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi,
dan elektronik digital. 
        Bentuk  awal  telekomunikasi  berskala  nasional  adalah  telegrap.  Teknologi  berbasis kabel (wire-based technology) ini menyediakan pondasi bagi perkembangan jejaring telepon,  yang  pada  gilirannya  menjangkau  bagian  yang  lebih  luas  dari  permukaan Bumi.  Dengan  penggunaan  teknologi  kabel  lintas-lautan  (transoceanic  cables), berbagai  wilayah  yang  terpisah  oleh  laut  menjadi  terhubungkan  menjelang  akhir 1900.  
        Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa dari sisi 
  1.  perangkat keras (hardware), 
  2.  perangkat lunak (software), atau 
  3.  sumber daya manusia (human resources) yang mendayagunakannya.  
       Saat ini kehidupan manusia mulai bergeser ke kehidupan kom putasi persasif, suatu kehidupan  yang meletakkan  teknologi  informasi  sebagai  bagian  dari  kehidupan manusia  kapan  dan  dimana  saja.  Hal ini  dapat  diilihat  dari  perilaku  manusia  yang sudah mulai  terbiasa  dengan  komputer,  sudah  mulai terbiasa  dengan internet, dan sudah  mulai  merasakan  bahwa sekumpulan  kebutuhannya  dapat  dibantu  oleh teknologi informasi. 

Teknologi informasi dan Komunikasi dalam bisnis
        Meningkatnya  permintaan  dari  s ektor  bisnis  akan  sarana  untuk  mengontrol  informasi, khususnya yang terkait dengan kegiatan produksi dan distribusi, menjadi pemacu utama pengembangan  aplikasi  dari telematika. Aplikasi-aplikasi  ini  didorong  oleh  kebutuhan - kebutuhan  di  sektor  bisnis, seperti management  information  systems,  dan data bases. Tetapi  baru  pada  era  1960-an  teknologi  komputer  dan  teknologi  elektronik  melebur dengan teknologi broadcasting dan telekomunikasi berbasis kabel.  

Jenis dan tipe bisnis di bidang TIK
  • E-Commerce
E-commerce  merupakan  suatu  tindakan  melakukan  transaksi  bisnis  secara elektronik  dengan  menggunakan  internet  sebagai  m edia  komunikasi  yang  paling utama (Robert E. Johnson). 
Tipe-tipe model bisnis e-commerce:

-          Penjualan online ( langsung tanpa melalui perantara )
-          Sistem tender elektronik ( suatu model dimana seorang pembeli meminta kadidat penjual  untuk  menawarkan   harga,  pemenagnya  adalah  seorang  penjual  yang menawarkan harga yang paling rendah)
-          Lelang dengan  harga  beli  name  your own  price  ( suatu model  dimana pembeli menentukan  harga  yang  mampu  ia  bayar,  dan  mengundang  penjual  yang  mau menjual barang dengan harga tersebut )
-          Affiliate  marketing  (suatu  perjanjian  dimana  rekanan  pemasaran  (perusahaan, organisasi, perorangan) mengacu konsumen ke situs web penjual)
-          Viral  marketing  (pemasaran  dari  mulut  ke  mulut  dimana  konsumen menganjurkan  suatu  produk  atau  jasa  perusahaan  kepada  teman-  temannya atau orang lain)
-          Group  purchasing  (pembelian  dalam  skala  besar  yang  memungkinkan sekelompok pembeli mendapatkan potongan harga)
-          Lelang online
-          Personalisasi  (kustomisasi)  produk  atau  jasa;  menciptakan  produk  atau  jasa  sesuai dengan spesifikasi yang diminta pembeli
-          Pasar elektronik (e-market) dan exchange
-          Integrator rantai pertambahan nilai (value chain)
-          Penyedia layanan rantai pertambahan nilai
-          Broker informasi
-          Pertukaran barang (barter)
-          Keanggotaan
-          Fasilitator rantai pasokan ( supply chain)  
  • Konsultan IT
Menangani  konsultasi  di  bidang  IT,  meliputi  saran  bisnis,  menyelesaikan  masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
Tugas khusus yang dilakukan oleh konsultan IT meliputi:
-          Bertemu dengan client untuk menentukan keperluan
-          Bekerja dengan client untuk menetapkan jangkauan dari suatu proyek
-          Merencanakan timescale dan kebutuhan sumber daya
-          Menjelaskan spesifikasi sistem client, memahami kebiasaan kerja mereka (client) dan sifat dasar dari bisnisnya
-          Bepergian ke tempat customer
-          Berhubungan dengan staff pada semua tingkat dari organisasi client
-          Menetapkan software, hardware dan kebutuhan jaringan
-          Menganalisa  kebutuhan  IT  dalam  perusahaan  dan  memberikan  nasehat  yang independen dan objektif dalam penggunaan IT
-          Men-develop solusi yang cocok dan mengimplementasikan sistem baru
-          Memberikan solusi dalam laporan tertulis ataupun lisan
-          Membantu client pada aktivitas perubahan manajemen
-          Membeli sistem jika cocok
-          Merancang, menguji, memasang dan memonitoring sistem baru
-          Menyiapkan dokumentasi dan memberikan laporan proses pada customer
-          Mengatur pelatihan untuk user dan konsultan lain
-          Mengenali potential client, membangun dan memelihara hubungan        
  • Software House
Yaitu  seorang  atau  sekelom pok  orang  atau  perusahaan  kecil  yang  bergerak  di bidang jasa  pembuatan atau  perbaikan perangkat lunak (software). Software  house biasanya  menerima  pembuatan  atau  perbaikan  software,  database,  website, program  accounting  lengkap,  termasuk  inventory  management,  purchasing/  selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera  ( cctv/ webcam) dengan kemampuan  mendeteksi gerakan sehingga dapat  mem aksimalkan  kapasitas hardware  yang tersedia jaringan  & SEO (search  engine  optimization),  serta  bisa  untuk  semua  jenis  usaha  (Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal). 


Sumber :
viyan.staff.gunadarma.ac.id/.../2_Perkembangan-bisnis-di-b...


Sabtu, 07 Juli 2012

Game Teampuzzle


ANDROID ?????

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk GoogleHTC,IntelMotorolaQualcommT-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

MEMBUAT TEAMPUZZLE

Ini adalah salah satu game yang berisi tentang perhitungan. Dalam game ini mempunya tampilan yang menarik untuk anak – anak. Game ini ditujukan untuk anak sekolah dasar, dikarenakan dalam perhitungannya masih mudah. Namun di game ini dituntut supaya dapat mengerjakan cepat. Semakin naik level , semakin cepat harus mengerjakannya.
Pemain dituntut untuk bisa dengan cepat mengingat angka - angka yang akan dijumlahkan dan untuk bisa menghitung dengan cepat. Diakhir permainan pemain akan mendapatkan total skor yang mereka dapatkan.
Ini merupakan tampilannya :









Rabu, 21 Maret 2012

Teknologi Game Theory

Game komputer (bahasa Inggris: computer game) adalah permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi (PC) dan bukan pada konsol permainan, maupun mesin ding-dong. Permainan komputer telah berevolusi dari sistem grafis sederhana sampai menjadi kompleks dan mutakhir. Namun, pasar permainan komputer di Amerika Serikat mulai menurun sejak tahun 1999.
Game komputer dibuat oleh satu atau lebih developer game, seringkali berhubungan dengan spesialis lain (seperti artis game) dan dipublikasikan baik secara mandiri maupun melalui pihak ketiga (publisher). Game komputer didistribusikan melalui media fisik seperti DVD dan CD, bisa juga didownload di internet atau melalui layanan pengiriman online seperti Direct2Drive dan Steam. Game komputer seringkali membutuhkan hardware khusus di komputer pengguna untuk dapat memainkannya, seperti persyaratan spesifikasi graphic card atau kecepatan koneksi internet yang dibutuhkan untuk bermain game online, meskipun persyaratan ini berbeda antar game lainnya.


Jenis Game Komputer

1.  Aksi – Shooting (tembak-tembakan atau hajar-hajaran bisa juga tusuk-tusukan, tergantung cerita dan tokoh di dalamnya).
Genre game ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak dan tembak. Termasuk didalamnya :
a. First person shooting (FPS) seperti Counter Strike dan Call of Duty.
b. Drive n’ shoot, menggunakan unsur simulasi kendaraan tetapi tetap dengan tujuan utama menembak dan menghancurkan lawan, contoh : Spy Hunter, Rock and Roll Racing, Road Rash.
c. Shoot em’ up, seperti Raiden, 1942 dan Gradius.
d. Beat ‘em up (tonjok hajar) seperti Double Dragon dan Final Fight lalu hack and slash (tusuk tebas) seperti Shinobi dan Legend of Kage.
e. Light gun shooting, yang menggunakan alat yang umumnya berbentuk seperti senjata, seperti Virtua Cop dan Time Crisis.

2. Aksi – Petualangan
Memasuki gua bawah tanah, melompati bebatuan di antara lahar, bergelayutan dari pohon satu ke pohon lain, bergulat dengan ular sambil mencari kunci untuk membuka pintu kuil legendaris atau sekedar mencari telepon umum untuk mendapatkan misi berikutnya, itulah beberapa dari banyak hal yang karakter pemain harus lakukan dan lalui dalam video game jenis ini. Menurut penulis, game jenis ini sudah berkembang jauh hingga menjadi genre campuran action beat-em up juga, dan sekarang, di tahun 2000-an, jenis ini cenderung untuk memiliki visual 3D dan sudut pandang orang ketiga. Tomb Rider, Grand Theft Auto dan Prince of Persia termasuk didalamnya.

3. Petualangan
Bedanya dengan jenis video game aksi-petualangan, refleks dan kelihaian pemain dalam bergerak, berlari, melompat hingga memecut atau menembak tidak diperlukan di sini. Game genre ini murni petualangan yang lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Termasuk didalamnya:
a. Petualangan dengan teks atau sistem tunjuk dan klik, contohnya game Kings Quest, Space Quest, Heroes Quest, Monkey Island, Sam and Max,
b. Novel atau film interaktif, seperti game “dating” yang banyak beredar di Jepang, yaitu Dragons Lair dan Night Trap.

4. Konstruksi dan simulasi manajemen
Genre game ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detail berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun di pinggir jalan sampai membangun laboratorium cloning. Genre game ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contoh: Sim City, The Sims, Tamagotchi.

5. Simulasi kehidupan
Game simulasi kehidupan (atau game kehidupan buatan) melibatkan suatu kehidupan atau mengendalikan satu atau lebih kehidupan buatan. Sebuah game simulasi kehidupan di sekitar individu dan hubungan atau bisa menjadi simulasi ekosistem. Simulasi biologis memungkinkan pemain untuk bereksperimen dengan genetika, kelangsungan hidup ataupun ekosistem, biasanya dalam bentuk paket pendidikan. Contohnya adalah game SimLife dan Jurassic Park: Operation Genesis. Simulasi membesarkan hewan peliharaan (atau hewan peliharaan digital) lebih berfokus pada hubungan antara pemain dengan satu atau beberapa bentuk kehidupan. Contohnya adalah Tamagotchi, The Petz series dan Nintendogs.
Permainan simulasi sosial yang berdasarkan pada interaksi sosial antara beberapa kehidupan buatan. Contoh yang paling terkenal dari genre ini adalah Will Wright’s The Sims.

6. Role Playing
Genre game ini sesuai dengan terjemahannya, bermain peran, memiliki penekanan pada tokoh/peran perwakilan pemain di dalam permainan, yang biasanya adalah tokoh utamanya, dimana seiring kita memainkannya, karakter tersebut dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain (biasanya menjadi semakin hebat, semakin kuat, semakin berpengaruh, dll) dalam berbagai parameter yang biasanya ditentukan dengan naiknya level, baik dari status kepintaran, kecepatan dan kekuatan karakter, senjata yang semakin sakti ataupun jumlah teman maupun mahluk peliharaan.Secara kebudayaan, pengembang game Jepang biasanya membuat Role Playing Game (RPG) ke arah cerita linear yang diarahkan seolah karakter kita adalah tokoh dalam cerita itu, seperti Final Fantasy, Dragon Quest dan Xenogears. Sedangkan pengembang game RPG Eropa, cenderung membuat karakter kita bebas memilih jalan cerita sendiri secara non-linear, seperti Ultima, Never Winter Nights, baldurs gate, Elder Scroll, dan Fallout.

7. Strategi
Kebalikan dari game jenis action yang berjalan cepat dan perlu refleks secepat kilat, video game jenis strategi, layaknya bermain catur, justru lebih memerlukan keahlian berpikir dan memutuskan setiap gerakan secara hati-hati dan terencana. Game jenis strategi biasanya memberikan pemain atas kendali tidak hanya satu orang tapi minimal sekelompok orang dengan berbagai jenis tipe kemampuan, sampai kendaraan, bahkan hingga pembangunan berbagai bangunan, pabrik dan pusat pelatihan tempur, tergantung dari tema ceritanya. Pemain game strategi melihat dari sudut pandang lebih meluas dan lebih ke depan dengan waktu permainan yang biasanya lebih lama dan santai dibandingkan game action. Unsur-unsur permainannya biasanya berkisar sekitar prioritas pembangunan, peletakan pasukan, mencari dan memanfaatkan sumber daya (uang, besi, kayu, minyak, dll), hingga ke pembelian dan peng-upgrade-an pasukan atau teknologi. Game jenis ini terbagi atas:
a. Real time Strategy, game berjalan dalam waktu sebenarnya dan serentak antara semua pihak dan pemain harus memutuskan setiap langkah yang diambil saat itu juga berbarengan mungkin saat itu pihak lawan juga sedang mengeksekusi strateginya. Contoh: Starcraft, Warcraft  dan Command and Conquer.
b. Turn based Strategy , game yang berjalan secara bergiliran, saat kita mengambil keputusan dan menggerakan pasukan, saat itu pihak lawan menunggu, begitu pula sebaliknya, layaknya catur. Contohnya game Front Mission, Super robot wars, Final Fantasy tactics, Heroes of might and magic, Master of Orion.

8. Puzzle
Game jenis ini sesuai namanya berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya, itu semua termasuk dalam jenis ini. Sering pula permainan jenis ini adalah juga unsur permainan dalam video game petualangan maupun game edukasi. Contohnya game Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.

9. Simulasi kendaraan
Game jenis ini memberikan pengalaman atau interaktifitas sedekat mungkin dengan kendaraan yang aslinya, meskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut. Terbagi atas beberapa jenis:
a. Perang. Game simulasi kendaraan yang sempat tenar di tahun 90-an ini mengajak pemain untuk menaiki kendaraan dan berperang melawan kendaraan lainnya. Dan kebanyakan diantaranya memiliki judul sama dengan nama kendaraannya. Contoh : Apache 64, Comanche, Abrams, YF-23, F-16 Fighting Eagle. Tetapi game kehidupan bajak laut seperti ‘Pirates!’ pun dapat dikategorikan disini.
b. Balapan. Dari namanya sudah jelas, siapa sampai duluan di garis finish dialah pemenangnya! Terkadang malah pemain dapat memilih kendaraan, mendandani, upgrade mesin bahkan mengecatnya. Contoh: Top Gear, Test Drive, Sega Rally Championship, Daytona, Grand Turismo, Need For Speed, Mario Cart, ManXTT.
c. Luar Angkasa. Walau masih dapat dikategorikan simulasi kendaraan perang, tetapi segala unsur fiksi ilmiah dan banyaknya judul yang beredar membuat subgenre ini pantas dikategorikan di luar simulasi kendaraan perang. Jenis ini memungkinkan pemain untuk menjelajah luar angkasa, berperang dengan mahluk alien, mendarat di planet antah berantah atau sekedar ingin merasakan bagaimana menjadi kapten di film fiksi ilmiah kesayangan kamu. Contohnya game Wing Commander, Freelancer , Star Wars X-Wing, Star Wars Tie Fighter, dll.
d. Mecha. Pendapat bahwa hampir tidak ada orang yang terekspos oleh film robot Jepang saat kecilnya tidak memimpikan ingin mengendalikan robot, memang sulit dibantah. Dipopulerkan oleh serial Mechwarrior oleh Activision, subgenre Simulasi Mecha ini memungkinkan pemainnya untuk mengendalikan robot dan menggunakannya untuk menghancurkan gedung, helikopter dan tentu saja robot lainnya. Contohnya game Mechwarrior, Gundam Last war Chronicles, dan Armored Core.

10. Olahraga
Singkat padat jelas, bermain sport di PC atau konsol anda. Biasanya permainannya diusahakan serealistik mungkin walau kadang ada yang menambah unsur fiksi seperti NBA JAM. Contohnya pun jelas, Seri Winning Eleven, seri NBA, seri FIFA, John Madden NFL, Lakers vs Celtics, Tony hawk pro skater, dll.

Teknologi dalam pembuatan game

Untuk membuat game dapat menggunakan SDK (Software Development Kit) dari DirectX dengan memanfaatkan fungsi-fungsi DirectX yang disediakan. Pada dasarnya, game itu sendiri merupakan sebuah aplikasi komputer yang ditulis dengan script atau bahasa pemrograman, di balik sebuah game yang menghadirkan kesenangan dan kenyamanan bermain, terdapat ribuan bahkan jutaan kode program yang membentuknya. Game dapat ditulis dengan bahasa pemrograman yang umum dan telah dikenal seperti Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya. Umumnya para developer game menggunakan tools atau paket library, seperti OpenGL Utility Toolkit atau modul lainnya. Beberapa development tools juga dikembangkan untuk memudahkan pembuatan game, misalnya RPG Maker dari Jepang yang memungkinkan kita menciptakan game dengan genre Role Playing Game.
Lalu RPG Maker dikembangkan menjadi RPG Maker 2000 atau biasa disingkat RM2k, kemudian menjadi RPG Maker 2003 (RM2k3), RPG Maker XP (RMXP), hingga saat ini RPG Maker VX, yang tentu saja semakin menawarkan fitur-fitur yang memudahkan pembuatan game yang semakin baik. Bagaimana dengan genre game selain RPG? Tentunya juga tersedia development tools untuk itu, seperti Fighter Maker yang dari namanya sudah dapat ditebak merupakan tools untuk menciptakan game fighting.
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC.
Contoh-contoh game bertipe point and click adalah Clock Tower (PlayStation 1), Broken Sword, Monkey Island, Day of the Tentacle. Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tersebut menjadi game, anda bisa menggunakan program ini.
Macromedia Flash adalah program yang biasanya digunakan untuk membuat banner pada web tetapi sekarang sudah mulai banyak digunakan untuk membuat game secara online maupun offline.
3D Game Studio adalah program ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan, program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll .



Senin, 31 Oktober 2011

Data Link Control

Keperluan dan tujuan data link control yaitu :

Untuk komunikasi data secara efektif antara dua koneksi stasiun transmisi-penerima secara langsung, untuk melihat kebutuhan bagi data link control :

1. Frame synchronization
Data dikirim dalam blok-blok yang disebut frame. Awal dan akhir tiap frame harus dapat diidentifikasikan. Memakai variasi dari konfigurasi line.

2. Flow control
Stasiun pengirim harus tidak mengirim frame-frame pada rate/kecepatan yang lebih cepat daripada stasiun penerima yang dapat menyerapnya.

3. Error control
Bit-bit error yang dihasilkan oleh sistem transmisi harus diperbaiki.

4. Addressing (peng-alamat-an)
Pada line multipoint, identitas dari dua stasiun yang berada dalam suatu transmisi harus diketahui.

5. Kontrol dan data pada link yang sama
Biasanya tidak diinginkan mempunyai path komunikasi yang terpisah untuk sinyal-sinyal kontrol. Karena itu, receiver harus mampu membedakan kontrol informasi dari data yang sedang ditransmisi.

6. Link management
Permulaan, pemeliharaan dan penghentian dari pertukaran data memerlukan koordinasi dan kerjasama diantara stasiun-stasiun. Diperlukan prosedur untuk manajemen pertukaran ini.

Minggu, 09 Oktober 2011

Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Dibawah ini adalah macam – macam dari aplikasi desain grafis :

1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher

Penjelasan dari salah satu software diatas tentang Adobe In Design adalah merupakan softwere atau program pada computer yang mempunyai fungsi sangat banyak, tapi pada basic nya Adobe InDesign  tak jauh beda dengan softwere lainya sepeti Correl Draw,dan softwere lainnya yang berfungsi untuk desainer baik menedesain media unrtuk publishing dan lainnya.
Di Adobe InDesign, untuk membuat suatu design yang sederhana tidaklah sulit, hanya di gunakan beberapa tool saja jadi proses pembuatanya tidak memakan waktu yang cukup banyak. Yang terpenting untuk menggunakan Adobe InDeign kita harus mempunyai gambaran atau ide yang jelas tentang design yang akan kita buat dan kita memahami benar untuk membuat design seperti ide kita itu tool apa saja yang perlu di gunakan.

2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer

Penjelasan dari salah satu software diatas tentang CorelDraw adalah software ini dibuat untuk membuat desain logo. Terutama yang dua dimensi karena sangat mudah dan bebas dalam membuat gambar. Toolsnya yang sangat bagus untuk editing gambar sehingga gampang membuat grafik lengkung, lurus, sesuai keinginan.
Kelebihan software ini yang lain adalah ketika kita membuat desain dibesarkan (zoom) berapapaun gambar kita gak pecah sehingga kita bisa lebih detaik ketika menggabungkan desain kita. Software berbasic vektor ini sangat familiar bagi pecinta desain grafis karena kemudahan yang ditawarkan.

3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image

Penjelasan dari salah satu software diatas tentang Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.

4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition

5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik.
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Macromedia
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio

Sumber :

Selasa, 04 Oktober 2011

TRANSMISI DATA

TWISTED PAIR
·        Deskripsi Secara Fisik
o   Terdiri dari dua isolasi kawat tembaga yang diatur dalam suatu spiral yang terlindungi.
o   Gulungan ini meminimkan interferensi antar kabel.
·        Penggunaan
o   Dipakai pada sistim telephone.
o   Dipakai untuk jarak yang jauh dengan data rate 4 Mbps atau lebih.
o   Biaya murah.
·        Karakteristik Transmisi
o   Untuk sinyal analog, diperlukan amplifier setiap 5 sampai 6 km sedangkan untuk sinyal digital diperlukan repeater setiap 2 sampai 3 km.
o   Bila dibandingkan media lain, maka terdapat keter batasan dalam jarak, bandwidth, dan data rate.
·         Media ini mudah terkena interferensi dan noise.

KABEL KOAKSIAL
·        Deskripsi Secara Fisik
o   Terdiri dari konduktor cilinder rongga luar yang mengelilingi suatu kawat konduktor tunggal. Kedua konduktor dipisahkan oleh bahan isolasi. 

·        Penggunaan
o   Dipakai dalam :
§  Transmisi telephone dan televisi jarak jauh.
§  Television distribution (TV kabel).
§  Local area networks.
§  Short-run system links.
o   lebih mahal daripada twisted pair.

·        Karakteristik Transmisi
o   Tidak mudah terkena noise bila dibandingan dengan twisted pair sehingga dapat digunakan secara efektif pada frekuensi-frekuensi tinggi dan data rate yang tinggi.
o   Untuk transmisi analog yang jauh, dibutuhkan amplifier setiap beberapa kilometer sedangkan untuk transmisi digital, diperlukan repeater setiap kilometer.

FIBER OPTIK
·        Deskripsi Secara Fisik
o   Adalah suatu medium fleksibel tipis yang mampu menghantarkan sinar ray.
o   Berbagai kaca dan plastik dipakai untuk membuatnya.

·        Penggunaan
o   Karakteristik fiber optik yang membedakannya dari twisted pair dan kabel koaksial :
§  Bandwidth yang lebih besar : data rate sebesar 2 Gbps dengan jarak 10 kilometer dapat dicapai
§  Ukuran yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan 
§  Attenuation yang lebih rendah 
§  Isolasi terhadap elektromagnetik : sehingga tidak mudah terkena interferensi dari elektromagnetik eksternal
§  Jarak antar repeater yang lebih jauh. Sistim transmisi fiber optik di Jerman dapat mencapai data rate 5 Gbps dengan jarak 111 km tanpa repeater.
o   Lima kategori dasar dari aplikasi yang penting untuk fiber optik :
§  Long-haul trunks.
§  Metropolitan trunks.
§  Rural exchange trunks.
§  Local loops.
§  Local area networks.

·        Karakteristik Transmisi
o   Range frekuensi antara 1014sampai 1015 Hz yang meliputi spektrum yang tampak dan bagian dari spektrum infrared. 
o   Prinsip transmisi fiber optik :
§  multimode
§  multimode graded index / multimode step index
§  single mode

GELOMBANG MICROWAVE
·        Deskripsi Secara Fisik
o   Digunakan antena parabolik
o   Untuk memperoleh transmisi dengan jarak yang jauh, digunakan gedung-gedung relay microwave yang diseri dan point to point microwave yang dirangkai bersama sesuai dengan jarak yang diinginkan.

·        Penggunaan
o   Dipakai untuk :
§  Telekomunikasi jarak jauh. 
§  Transmisi suara dan televisi.
§  Local networks.
§  Local data distribution.
o   Dibandingkan dengan kabel koaksial, jarak antar amplifier atau repeater lebih jauh.

·        Karakteristik Transmisi
o   Sumber utama dari gangguan adalah attenuation dimana dapat dinyatakan sebagai
L = 10 log (4πd / λ ) db
dimana : d = jarak
λ= panjang gelombang
o   Jarak antar repeater atau amplifier antara 10 - 100 km

SATELIT MICROWAVE
·        Deskripsi Secara Fisik
o   Adalah stasiun relay microwave yang digunakan untuk merangkai dua atau lebih
o   Transmitter/receiver dari ground-based microwave yang dikenal sebagai stasiun bumi.
o   Setiap satelit yang mengorbit akan beroperasi pada sejumlah band frekuensi yang disebut channel transponder atau transponder saja.
·        Penggunaan
o   Dipakai dalam :
§  Television distribusion, paling luas digunakan diseluruh dunia; memakai teknologi DBS (direct broadcast sattelite) dimana sinyal video dari satelit ditransmisikan langsung ke rumah-rumah.
§  Transmisi telepon jarak jauh.
§  Private business networks, digunakan sistim VSAT (very small aperture terminal) untuk menekan biaya.

·        Karakteristik Transmisi
o   Range frekuensi optimumnya antara 1 sampai 10 GHz
o   Frekuensi transmisi dan penerimaan berbeda
o   Tipe transmisinya full-duplex antara pengguna dan satelit 
o   Karena jarak yang jauh maka timbul delay sebesar 240 sampai 300 ms dari transmisi salah satu stasiun bumi ke penerimaan oleh stasiun bumi lainnya
o   Semua stasiun dapat melakukan transmisi ke satelit dan transmisi dari satelit
o   Dapat diterima oleh semua stasiun.

RADIO
·        Deskripsi Secara Fisik
o   Perbedaan dengan microwave bahwa radio adalah segala arah sedangkan microwave adalah terfokus. Dengan demikian tidak diperlukan antena berbentuk parabola dan tidak perlu diletakkan pada jurusan yang tepat.

·        Penggunaan
o   Digunakan pada band VHF dan UHF : 30 MHz sampai 1 GHz termasuk radio FM dan UHF dan VHF televisi
o   Untuk komunikasi data digital digunakan packet radio .

·        Karakteristik Transmisi
o   Untuk komunikasi data digital dipakai data rate yang rendah dengan frekuensi dalam kilo bit daripada dalam mega bit atas dasar pertimbangan efek attenuation
o   Digunakan untuk komunikasi broadcast, contoh : sistim ALOHA di Hawaii
o   Seperti pada satelit, frekuensi transmisi dan penerima berbeda
o   Transmisi dalam bentuk paket-paket
o   Repeater dipakai pada sistim untuk setiap radius kira-kira 500 km.