Total Tayangan Halaman

Sabtu, 06 Oktober 2012

Bisnis dan Teknologi Informasi


    1.  BISNIS
        Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Jadi bisnis itu adalah suatu kegiatan jual beli terhadap produsen ke konsumen atau penjual ke pembeli yang sama – sama mendapatkan keuntungan.

Fungsi Bisnis
        Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.

Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :
-Mencari bahan mentah (acquiring raw material)
-Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
-Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)

Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
-Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
-Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
-Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
-Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran

Teknologi Informasi dan dunia bisnis
        Bidang Teknologi Informasi memberi prospek pada bangsa Indonesia yang tengah dilanda krisis ekonomi. Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Jika dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk dan atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya.
Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan
Pemanfaatan Teknologi Informasi yang dilakukan dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan meliputi bidang-bidang sistem informasi akuntansi dan keuangan, sistem informasi properti, sistem informasi forwarding, sistem informasi pergudangan, sistem informasi sdm, sistem informasi poliklini, aplikasi audit internal (pengawasan spi), sistem persediaan atk/cetakan, sistem inventarisasi peralatan kantor, sistem electronic data interchange (edi) untuk pengiriman dokumen, website dan intranet, dan sebagainya.
   
   2.  Perkembangan Penggunaan Teknologi Informasi dan  Komunikasi    
         Istilah  teknologi  informasi  mulai  populer  di  akhir  tahun  70-an.  Pada  masa sebelumnya  istilah teknologi  informasi  biasa  disebut  teknologi  komputer  atau pengolahan  data  elektronis  (electronic  data  processing).  Teknologi  informasi didefinisikan  sebagai  teknologi  pengolahan  dan  penyebaran  data  menggunakan perangkat  keras  (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi,
dan elektronik digital. 
        Bentuk  awal  telekomunikasi  berskala  nasional  adalah  telegrap.  Teknologi  berbasis kabel (wire-based technology) ini menyediakan pondasi bagi perkembangan jejaring telepon,  yang  pada  gilirannya  menjangkau  bagian  yang  lebih  luas  dari  permukaan Bumi.  Dengan  penggunaan  teknologi  kabel  lintas-lautan  (transoceanic  cables), berbagai  wilayah  yang  terpisah  oleh  laut  menjadi  terhubungkan  menjelang  akhir 1900.  
        Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa dari sisi 
  1.  perangkat keras (hardware), 
  2.  perangkat lunak (software), atau 
  3.  sumber daya manusia (human resources) yang mendayagunakannya.  
       Saat ini kehidupan manusia mulai bergeser ke kehidupan kom putasi persasif, suatu kehidupan  yang meletakkan  teknologi  informasi  sebagai  bagian  dari  kehidupan manusia  kapan  dan  dimana  saja.  Hal ini  dapat  diilihat  dari  perilaku  manusia  yang sudah mulai  terbiasa  dengan  komputer,  sudah  mulai terbiasa  dengan internet, dan sudah  mulai  merasakan  bahwa sekumpulan  kebutuhannya  dapat  dibantu  oleh teknologi informasi. 

Teknologi informasi dan Komunikasi dalam bisnis
        Meningkatnya  permintaan  dari  s ektor  bisnis  akan  sarana  untuk  mengontrol  informasi, khususnya yang terkait dengan kegiatan produksi dan distribusi, menjadi pemacu utama pengembangan  aplikasi  dari telematika. Aplikasi-aplikasi  ini  didorong  oleh  kebutuhan - kebutuhan  di  sektor  bisnis, seperti management  information  systems,  dan data bases. Tetapi  baru  pada  era  1960-an  teknologi  komputer  dan  teknologi  elektronik  melebur dengan teknologi broadcasting dan telekomunikasi berbasis kabel.  

Jenis dan tipe bisnis di bidang TIK
  • E-Commerce
E-commerce  merupakan  suatu  tindakan  melakukan  transaksi  bisnis  secara elektronik  dengan  menggunakan  internet  sebagai  m edia  komunikasi  yang  paling utama (Robert E. Johnson). 
Tipe-tipe model bisnis e-commerce:

-          Penjualan online ( langsung tanpa melalui perantara )
-          Sistem tender elektronik ( suatu model dimana seorang pembeli meminta kadidat penjual  untuk  menawarkan   harga,  pemenagnya  adalah  seorang  penjual  yang menawarkan harga yang paling rendah)
-          Lelang dengan  harga  beli  name  your own  price  ( suatu model  dimana pembeli menentukan  harga  yang  mampu  ia  bayar,  dan  mengundang  penjual  yang  mau menjual barang dengan harga tersebut )
-          Affiliate  marketing  (suatu  perjanjian  dimana  rekanan  pemasaran  (perusahaan, organisasi, perorangan) mengacu konsumen ke situs web penjual)
-          Viral  marketing  (pemasaran  dari  mulut  ke  mulut  dimana  konsumen menganjurkan  suatu  produk  atau  jasa  perusahaan  kepada  teman-  temannya atau orang lain)
-          Group  purchasing  (pembelian  dalam  skala  besar  yang  memungkinkan sekelompok pembeli mendapatkan potongan harga)
-          Lelang online
-          Personalisasi  (kustomisasi)  produk  atau  jasa;  menciptakan  produk  atau  jasa  sesuai dengan spesifikasi yang diminta pembeli
-          Pasar elektronik (e-market) dan exchange
-          Integrator rantai pertambahan nilai (value chain)
-          Penyedia layanan rantai pertambahan nilai
-          Broker informasi
-          Pertukaran barang (barter)
-          Keanggotaan
-          Fasilitator rantai pasokan ( supply chain)  
  • Konsultan IT
Menangani  konsultasi  di  bidang  IT,  meliputi  saran  bisnis,  menyelesaikan  masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
Tugas khusus yang dilakukan oleh konsultan IT meliputi:
-          Bertemu dengan client untuk menentukan keperluan
-          Bekerja dengan client untuk menetapkan jangkauan dari suatu proyek
-          Merencanakan timescale dan kebutuhan sumber daya
-          Menjelaskan spesifikasi sistem client, memahami kebiasaan kerja mereka (client) dan sifat dasar dari bisnisnya
-          Bepergian ke tempat customer
-          Berhubungan dengan staff pada semua tingkat dari organisasi client
-          Menetapkan software, hardware dan kebutuhan jaringan
-          Menganalisa  kebutuhan  IT  dalam  perusahaan  dan  memberikan  nasehat  yang independen dan objektif dalam penggunaan IT
-          Men-develop solusi yang cocok dan mengimplementasikan sistem baru
-          Memberikan solusi dalam laporan tertulis ataupun lisan
-          Membantu client pada aktivitas perubahan manajemen
-          Membeli sistem jika cocok
-          Merancang, menguji, memasang dan memonitoring sistem baru
-          Menyiapkan dokumentasi dan memberikan laporan proses pada customer
-          Mengatur pelatihan untuk user dan konsultan lain
-          Mengenali potential client, membangun dan memelihara hubungan        
  • Software House
Yaitu  seorang  atau  sekelom pok  orang  atau  perusahaan  kecil  yang  bergerak  di bidang jasa  pembuatan atau  perbaikan perangkat lunak (software). Software  house biasanya  menerima  pembuatan  atau  perbaikan  software,  database,  website, program  accounting  lengkap,  termasuk  inventory  management,  purchasing/  selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera  ( cctv/ webcam) dengan kemampuan  mendeteksi gerakan sehingga dapat  mem aksimalkan  kapasitas hardware  yang tersedia jaringan  & SEO (search  engine  optimization),  serta  bisa  untuk  semua  jenis  usaha  (Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal). 


Sumber :
viyan.staff.gunadarma.ac.id/.../2_Perkembangan-bisnis-di-b...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar