1. BISNIS
Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis
kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang
berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam
artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Jadi bisnis itu adalah suatu kegiatan jual beli terhadap produsen ke konsumen
atau penjual ke pembeli yang sama – sama mendapatkan keuntungan.
Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.
Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :
-Mencari bahan mentah (acquiring raw material)
-Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
-Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)
Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau
jasa dengan cara :
-Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
-Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
-Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
-Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran
-Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
-Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
-Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
-Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran
Teknologi Informasi dan dunia bisnis
Bidang Teknologi Informasi memberi prospek pada bangsa Indonesia
yang tengah dilanda krisis ekonomi. Persaingan bisnis yang semakin ketat di era
globalisasi ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik
bisnisnya. Jika dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan
terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses
penciptaan produk dan atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih
cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya.
Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan
dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan
Pemanfaatan Teknologi Informasi yang dilakukan dalam menunjang
kegiatan operasional perusahaan meliputi bidang-bidang sistem informasi
akuntansi dan keuangan, sistem informasi properti, sistem informasi forwarding,
sistem informasi pergudangan, sistem informasi sdm, sistem informasi poliklini,
aplikasi audit internal (pengawasan spi), sistem persediaan atk/cetakan, sistem
inventarisasi peralatan kantor, sistem electronic data interchange (edi) untuk
pengiriman dokumen, website dan intranet, dan sebagainya.
2. Perkembangan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Istilah
teknologi informasi mulai
populer di akhir
tahun 70-an. Pada
masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa
disebut teknologi komputer
atau pengolahan data
elektronis (electronic data
processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai
teknologi pengolahan dan
penyebaran data menggunakan perangkat keras
(hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi,
dan elektronik digital.
Bentuk
awal telekomunikasi berskala
nasional adalah telegrap.
Teknologi berbasis kabel (wire-based technology) ini
menyediakan pondasi bagi perkembangan jejaring telepon, yang
pada gilirannya menjangkau
bagian yang lebih
luas dari permukaan Bumi.
Dengan penggunaan teknologi
kabel lintas-lautan (transoceanic
cables), berbagai wilayah
yang terpisah oleh
laut menjadi terhubungkan
menjelang akhir 1900.
Perkembangan teknologi informasi telah
berkembang luar biasa dari sisi
- perangkat keras (hardware),
- perangkat lunak (software), atau
- sumber daya manusia (human resources) yang mendayagunakannya.
Saat ini kehidupan manusia mulai
bergeser ke kehidupan kom putasi persasif, suatu kehidupan yang meletakkan teknologi informasi
sebagai bagian dari
kehidupan manusia kapan
dan dimana saja.
Hal ini dapat diilihat dari
perilaku manusia yang sudah mulai terbiasa
dengan komputer, sudah
mulai terbiasa dengan internet,
dan sudah
mulai merasakan bahwa sekumpulan kebutuhannya dapat
dibantu oleh teknologi informasi.
Teknologi
informasi dan Komunikasi dalam bisnis
Meningkatnya permintaan
dari s ektor bisnis
akan sarana untuk
mengontrol informasi, khususnya yang terkait dengan kegiatan
produksi dan distribusi, menjadi pemacu utama pengembangan aplikasi
dari telematika. Aplikasi-aplikasi ini
didorong oleh kebutuhan - kebutuhan di
sektor bisnis, seperti management information systems,
dan data bases. Tetapi
baru pada era
1960-an teknologi komputer
dan teknologi elektronik
melebur dengan teknologi broadcasting dan
telekomunikasi berbasis kabel.
Jenis dan tipe bisnis di bidang TIK
- E-Commerce
E-commerce merupakan
suatu tindakan melakukan
transaksi bisnis secara elektronik dengan
menggunakan internet sebagai
m edia komunikasi yang
paling utama (Robert E. Johnson).
Tipe-tipe model bisnis e-commerce:
-
Penjualan online ( langsung tanpa melalui
perantara )
-
Sistem tender elektronik ( suatu model dimana
seorang pembeli meminta kadidat penjual
untuk menawarkan harga,
pemenagnya adalah seorang
penjual yang menawarkan harga
yang paling rendah)
-
Lelang dengan
harga beli name
your own price ( suatu model
dimana pembeli menentukan
harga yang mampu
ia bayar, dan
mengundang penjual yang
mau menjual barang dengan harga tersebut )
-
Affiliate
marketing (suatu perjanjian
dimana rekanan pemasaran
(perusahaan, organisasi, perorangan) mengacu konsumen ke situs web
penjual)
-
Viral
marketing (pemasaran dari
mulut ke mulut
dimana konsumen menganjurkan suatu
produk atau jasa
perusahaan kepada teman-
temannya atau orang lain)
-
Group
purchasing (pembelian dalam
skala besar yang
memungkinkan sekelompok pembeli mendapatkan potongan harga)
-
Lelang online
-
Personalisasi
(kustomisasi) produk atau
jasa; menciptakan produk
atau jasa sesuai dengan spesifikasi yang diminta pembeli
-
Pasar elektronik (e-market) dan exchange
-
Integrator rantai pertambahan nilai (value
chain)
-
Penyedia layanan rantai pertambahan nilai
-
Broker informasi
-
Pertukaran barang (barter)
-
Keanggotaan
-
Fasilitator rantai pasokan ( supply
chain)
- Konsultan IT
Menangani konsultasi
di bidang IT,
meliputi saran bisnis,
menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan
efisiensi dalam sistem IT.
Tugas khusus yang dilakukan oleh
konsultan IT meliputi:
-
Bertemu dengan client untuk menentukan
keperluan
-
Bekerja dengan client untuk menetapkan
jangkauan dari suatu proyek
-
Merencanakan timescale dan kebutuhan sumber
daya
-
Menjelaskan spesifikasi sistem client,
memahami kebiasaan kerja mereka (client) dan sifat dasar dari bisnisnya
-
Bepergian ke tempat customer
-
Berhubungan dengan staff pada semua tingkat
dari organisasi client
-
Menetapkan software, hardware dan kebutuhan
jaringan
-
Menganalisa
kebutuhan IT dalam perusahaan dan
memberikan nasehat yang independen dan objektif dalam penggunaan
IT
-
Men-develop solusi yang cocok dan
mengimplementasikan sistem baru
-
Memberikan solusi dalam laporan tertulis
ataupun lisan
-
Membantu client pada aktivitas perubahan manajemen
-
Membeli sistem jika cocok
-
Merancang, menguji, memasang dan memonitoring
sistem baru
-
Menyiapkan dokumentasi dan memberikan laporan
proses pada customer
-
Mengatur pelatihan untuk user dan konsultan
lain
-
Mengenali potential client, membangun dan memelihara
hubungan
- Software House
Yaitu
seorang atau sekelom pok
orang atau perusahaan
kecil yang bergerak
di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software).
Software house biasanya menerima
pembuatan atau perbaikan
software, database, website, program accounting
lengkap, termasuk inventory
management, purchasing/ selling products and services, Account based
dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat mem aksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO (search engine
optimization), serta bisa
untuk semua jenis
usaha (Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant,
maupun personal).
Sumber :
viyan.staff.gunadarma.ac.id/.../2_Perkembangan-bisnis-di-b...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar