Total Tayangan Halaman

Rabu, 02 Maret 2011

Memperindah Blog


Cara Agar Bisa Mengupload Gambar Ukuran Besar Di Blogger

 

Yang membuat kita tidak  nyaman yaitu kita tidak bisa posting atau upload gambar yang ukurannya lebih dari 400 pixel, karena apabila kita upload gambar yang ukurannya lebih besar dari 400 pixel maka secara otomatis gambar tersebut akan di perkecil menjadi 400 pixel. sehingga kita tidak bisa maksimal memperindah blog kita melalui gambar - gambar yang bagus.

Apakah ada trik agar bisa upload gambar ukuran besar di blogger? jawabannya ada dan terbilang sangat mudah. Penasaran? begini caranya :

* Silahkan upload gambar yang berukuran lebih dari 400 pixel ke blogger.
* Jika gambar sudah tampil di blog anda, klik kanan pada gambar tersebut lalu pilih Copy Image Location untuk mendapatkan alamat gambar tersebut.
* Paste pada program text editor seperti "Notepad", "WordPad' atau text editor lainnya. Contoh : alamat gambar yang kang Rohman dapatkan seperti ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTgYiG6Txiovq2qGrJMFQhKV9kjPRvF0VIRXVQHETO0mWrrxoM5pjNvwXurIlmBeLBXa_BkvHF8A2oupCmuTI_drOQDxm-0Hww7Z0JJbVfS9ykeQSBGErVqKXmE0WKgyW8uCGT3A25xMIM/s400/blog-aing.jpg
* Perhatikan kode yang saya cetak merah, kode tersebutlah yang membatasi gambar besar yang kita upload menjadi kecil. Agar gambar bisa tampil maksimal, maka kita hanya cukup mengubah nilainya menjadi s800 ( jika gambar yang di upload kurang dari 800 pixel ) atau di ganti dengan s1600 ( jika gambar yang di upload melebihi 800 pixel ). Contoh, kodenya jadi seperti ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTgYiG6Txiovq2qGrJMFQhKV9kjPRvF0VIRXVQHETO0mWrrxoM5pjNvwXurIlmBeLBXa_BkvHF8A2oupCmuTI_drOQDxm-0Hww7Z0JJbVfS9ykeQSBGErVqKXmE0WKgyW8uCGT3A25xMIM/s800/blog-aing.jpg

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTgYiG6Txiovq2qGrJMFQhKV9kjPRvF0VIRXVQHETO0mWrrxoM5pjNvwXurIlmBeLBXa_BkvHF8A2oupCmuTI_drOQDxm-0Hww7Z0JJbVfS9ykeQSBGErVqKXmE0WKgyW8uCGT3A25xMIM/s1600/blog-aing.jpg

Mudah sekali bukan? mau bukti, silahkan klik link di bawah ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTgYiG6Txiovq2qGrJMFQhKV9kjPRvF0VIRXVQHETO0mWrrxoM5pjNvwXurIlmBeLBXa_BkvHF8A2oupCmuTI_drOQDxm-0Hww7Z0JJbVfS9ykeQSBGErVqKXmE0WKgyW8uCGT3A25xMIM/s400/blog-aing.jpg

Coba bandingkan dengan yang ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTgYiG6Txiovq2qGrJMFQhKV9kjPRvF0VIRXVQHETO0mWrrxoM5pjNvwXurIlmBeLBXa_BkvHF8A2oupCmuTI_drOQDxm-0Hww7Z0JJbVfS9ykeQSBGErVqKXmE0WKgyW8uCGT3A25xMIM/s800/blog-aing.jpg

Bandingkan juga dengan yang ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTgYiG6Txiovq2qGrJMFQhKV9kjPRvF0VIRXVQHETO0mWrrxoM5pjNvwXurIlmBeLBXa_BkvHF8A2oupCmuTI_drOQDxm-0Hww7Z0JJbVfS9ykeQSBGErVqKXmE0WKgyW8uCGT3A25xMIM/s1600/blog-aing.jpg

Format kode gambar di atas adalah apabila anda mengupload gambar langsung melalui post edtor blogger. Apabila anda mengupload melalui Windows Live Writer seperti yang biasa kang Rohman lakukan, maka format gambar yang di hasilkan adalah seperti ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihx1vA8jjp2PM62J2d5Fc26T4A4mMCNlEW4O8pO5wmPwl6yL5EUIvjrOjSbXOiAEfT0LwL_Jb1C-HyNfFE7nGsv2hdqv-2AtgmsQD24Ww94cD62Kv-NzhD8jLtwJXMehsU8BdVQgFWSkk/?imgmax=800

Terlihat bahwa gambar yang di tampilkan di batasi hanya 800 pixel, agar mendapatkan gambar yang maksimal, cukup dengan mengubah angka 800 dengan angka 1600, sehingga kodenya jadi seperti ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihx1vA8jjp2PM62J2d5Fc26T4A4mMCNlEW4O8pO5wmPwl6yL5EUIvjrOjSbXOiAEfT0LwL_Jb1C-HyNfFE7nGsv2hdqv-2AtgmsQD24Ww94cD62Kv-NzhD8jLtwJXMehsU8BdVQgFWSkk/?imgmax=1600

Trik mengubah nilai pixel ini berlaku juga untuk posting gambar secara umum, anda hanya perlu masuk dulu ke edit HTML, lalu ubah kode pixelnya.

[post[4].jpg]
Ternyata kita bisa upload gambar dalam ukuran besar ke blogger bukan :)

sumber : http://trik-blog-nyaman.blogspot.com/2009/08/trik-agar-bisa-upload-gambar-ukuran.html


Mempercantik Blog



Jika kita ingin agar blog yang kita buat dapat dibaca oleh para blogger mania di seluruh penjuru dunia, gunakanlah Google Translate. Program ini mampu meterjemahkan blog yang kita buat diterjemahkan ke dalam tiga puluh empat bahasa yang ada didunia. Gambar dibawah inilah google translate :

Gadgets powered by Google
Cara memasang Google Translate ini di blog anda :
1.                  Klik gambar Google Translate di atas,
2.                  Pilih Tools, kemudian
3.                  Pilih bahasa yang anda gunakan di blog anda, contoh Indonesia
4.                  Copy kode yang berada di bawah tulisan "Copy and paste the HTML below to include the gadget on your webpage." kemudian paste di Tata Letak --> Add Gadget --> HTML/javasript terus paste kode tersebut di kolom konten
5.                  Simpan.
Selesai..
SILAHKAN MENCOBA

Tentang E-Commerce

Pengertian E-Commerce

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission). Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.

Jika diklasifikasikan, sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu:
· Electronic Markets (EMs).
EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.

· Electronic Data Interchange (EDI).
EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.
EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

· Internet Commerce.
Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi
informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.

Fungsi – fungsi e-commerce

 Beberapa merupakan hal yang unik yang ada pada sistem e-commerce.” (Nickerson,2001:337-339)
1. Presentasi produk
Sistem e-commerce harus menyediakan cara bagi pelanggan, baik itu pelanggan perorangan maupun bisnis untuk mengenali produk yang akan mereka beli. Produk perlu untuk dipromosikan secara elektronik untuk menarik perhatian pelanggan. Situs web juga seharusnya memberi informasi yang mudah untuk diakses mengenai fitur dan karakteristik produk perusahaan. Situs web juga seharusnya memberi informasi mengenai harga kepada pelanggan. Banyak situs web e-commerce memiliki katalog elektronik, yaitu daftar yang berisi deskripsi produk, gambar-gambar, beserta harganya.

2. Entry Pesanan
Setelah pelanggan memilih produk yang dinginkan, pelanggan harus memasukkan pesanan produk kedalam sistem e-commerce. Setelah selesai memilih produk yang diperlukan, pelanggan memberikan informasi mengenai nama dan alamat, sama halnya dengan informasi mengenai pembayaran yang akan dibahas poin berikutnya. Setelah langkah-langkah tersebut lengkap, pesanan tersebut akan diproses oleh sistem e-commerce.

3. Pembayaran
Agar pelanggan membayar produk-produk yang dibelinya, sebuah sistem e-commerce iharus memiliki fasilitas pembayaran secara elektronik . Ada banyak pendekatan yang bisa digunakan. Bagi pelanggan perorangan, cara pembayaran yang paling banyak digunakan adalah melalui kartu kredit atau kartu debit. Sedangkan untuk pelanggan bisnis, perusahaan bisa mengirim tagihan ke pelanggan, jika angka kreditnya bank, atau pelanggan bisa melakukan transfer pembayaran melalui banknya kerekening perusahaan.

4. Distribusi produk
Distribusi produk dalam sistem e-commerce bergantung pada jenis produk yang dijual. Jika produk berupa barang fisik seperti spare part atau pakaian, maka sistem e-commerce harus bisa memastikan pusat distribusinya, yaitu kemana barang harus dikirim atau dikapalkan. Banyak produk yang telah dijual melalui internet, bagaimanapun juga didistribusikan secara elektronik.

5. Pelayanan Pelanggan
Pada saat sebelum, selama, atau setelah pembelian produk, pelanggan mungkin membutuhkan pelayanan khusus. Sebagai contoh, pelanggan mungkin memilliki pertanyaan mengenai sebuah produk sebelum membelinya. Selama proses pemesanan, pelanggan mungkin mengalami kesulitan dalam menggunakan sistem e-commerce. Setelah menerima pesanannya, pelanggan mungkin ingin menukar atau mengembalikan produk yang telah dbelinya. Situasi-situasi tersebut dapat diatasi dengan memberikan informasi detil dan jawaban pertanyaan secara elektronik. Sebuah sistem e-commerce yang dirancang dengan baik harus menyediakan fasilitas pelayanan pelanggan. Sistem juga harus memberikan nomor telepon atau alamat e-mail yang bisa dihubungi pelanggan.

6. Dukungan Produk
Setelah pelanggan membayar produk yang dibelinya, munkin saja pelanggan masih membutuhkan dukungan bisnis. Dukungan terhadap produk bisa disediakan oleh sistem e-commerce dengan mengikut sertakan informasi detil mengenai produk dalam situs web. Sistem e-commerce juga bisa menyediakan system e-mail sehingga pelanggan dapat mengirim pertanyaan dan menerima jawabannya melalui e-mail, yang biasanya beberapa hari kemudian. Atau mungkin disediakan sebuah sistem chat bagi pelanggan untuk dapat berinteraksi dengan representative costumer service.

Kelebihan e-commerce :

·         Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
·         Meningkatkan daya saing perusahaan
·         Menggantikan konsep manual
·         Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
·         Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
·          Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.


Kekurangan e-commerce :

·         Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
·         Penjelasan produk kurang jelas
·         Harga terkadang tidak sesuai
·         Produk kurang dikenal oleh masyarakat
·         Kurang aman dalam melakukan transaksi
·         Tampilan produk kurang jelas
·         Sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.

Dampak positive dan negative dari globalisasi media terhadap masyarakat indonesia

Apa itu globalisasi ?

Menurut asal katanya, kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.

Globalisasi Media

Di banyak negara lebih banyak memiliki media penyiaran elektronik daripada
media cetak. Media penyiaran selalu membutuhkan regulasi frekuensi oleh pemerintah,
yang memungkinkan pemerintah untuk mengendalikan radio dan televisi. Di beberapa
negara berkembang, pemerintah mungkin satu-satunya institusi yang memiliki cukup
biaya untuk mendanai pertelevisian. Media elektronik juga potensial berdampak bagi
lebih banyak orang.


Globalisasi media massa merupakan proses yang secara nature terjadi, sebagaimana jatuhnya sinar matahari, sebagaimana jatuhnya hujan atau meteor. Pendekatan profesional menjadi kata kunci, masalah dasarnya mudah diterka. Pada titik-titik tertentu, terjadi benturan antar budaya dari luar negeri yang tak dikenal oleh bangsa Indonesia. Jadi kekhawatiran besar terasakan benar adanya ancaman, serbuan, penaklukan, pelunturan karena nilai-nilai luhur dalam paham kebangsaan. Peran media massa dalam kehidupan sosial, terutama dalam masyarakat modern tidak ada yang menyangkal, menurut McQuail dalam bukunya Mass Communication Theories (2000 : 66), ada enam perspektif dalam hal melihat peran media. 


Keuntungan dari globalisasi media

1.      Melihat media massa seabagai window on event and experience. Media dipandang sebagai jendela yang memungkinkan khalayak melihat apa yang sedang terjadi di luar sana. Atau media merupakan sarana belajar untuk mengetahui berbagai peristiwa.

2.       Media juga sering dianggap sebagai a mirror of event in society and the world, implying a faithful reflection.Cermin berbagai peristiwa yang ada di masyarakat dan dunia, yang merefleksikan apa adanya. Karenanya para pengelola media sering merasa tidak “bersalah” jika isi media penuh dengan kekerasan, konflik, pornografi dan berbagai keburukan lain, karena memang menurut mereka faktanya demikian, media hanya sebagai refleksi fakta, terlepas dari suka atau tidak suka. Padahal sesungguhnya, angle, arah dan framing dari isi yang dianggap sebagai cermin realitas tersebut diputuskan oleh para profesional media, dan khalayak tidak sepenuhnya bebas untuk mengetahui apa yang mereka inginkan.

3.      Memandang media massa sebagai filter, atau gatekeeper yang menyeleksi berbagai hal untuk diberi perhatian atau tidak. Media senantiasa memilih issue, informasi atau bentuk content yang lain berdasar standar para pengelolanya. Di sini khalayak “dipilihkan” oleh media tentang apa-apa yang layak diketahui dan mendapat perhatian .

4.       Media massa acapkali pula dipandang sebagai guide, penunjuk jalan atau interpreter, yang menerjemahkan dan menunjukkan arah atas berbagai ketidakpastian, atau alternative yang beragam
5.       Melihat media massa sebagai forum untuk mempresentasikan berbagai informasi dan ide-ide kepada khalayak, sehingga memungkin terjadinya tanggapan dan umpan balik.

6.       Media massa sebagai interlocutor, yang tidak hanya sekadar tempat berlalu lalangnya informasi, tetapi juga partner komunikasi yang memungkinkan terjadinya komunikasi interaktif.



Kekurangan dari globalisasi media

Pada bidang teknologi terjadi penyalah gunaan fungsi teknologi untuk hal-hal yang melanggar norma, seperti :

1.     Video porno yang direkam via handphone,
2.     Kasus penipuan via internet.
3.     Penggunaan internet yang salah dengan melihat situs porno
4.     Pembajakan via internet.

Sabtu, 12 Februari 2011

Keuntungan Mempunyai Sebuah Web

Website mempunyai keuntungan sebagai berikut:
·                                 24 Jam nonstop
Sebuah website tidak memerlukan waktu tutup. Sehingga setiap saat calon client dapat mengakses produk anda dan dapat menghubungi anda via email atau telp.

·                                 World Wide
Sebuah website dapat menjangkau seluruh tempat di dunia ini melalui jaringan internet.


·                                 Informasi detail dan tuntas 
Sebuah website memiliki kapasitas memuat informasi perusahaan/produk/jasa kita tanpa batas, bandingkan dengan iklan atau media promosi lain. Website dapat memuat semua pertanyaan yang mungkin keluar dari calon client.


·                                 Low Cost 
Biaya produksi yang sangat murah dibandingkan dengan media bisnis apapun. Bandingkan dengan mencetak brosur atau company profile cetak.


·                                 Tampilan website sebagai image perusahaan di mata calon pelanggan
Website menggambarkan perusahaan/produk/jasa yang kita miliki. Situs yang baik dengan isi/content menarik pasti akan membuat calon pelanggan merasa nyaman dan ingin segera menghubungi langsung.


·                                 Isi yang selalu up-to-date
Pengunjung akan selalu mendapatkan informasi terkini dari perusahaan/ produk/jasa kita. Oleh karena itu, kita harus selalu mengupdate informasi dalam website, tanpa perlu merancang bahkan mencetak ulang seperti media promosi lainnya.


·                                 Salah satu identitas
Website menjadi salah satu identitas dan sebagai eksistensi perusahaan anda. Setiap pengiriman email dengan mengunakan ekstensi domain dari website kita sendiri. contoh : info@domainanda.com


·                                Interactive
Pengunjung website dapat berinteraksi langsung dengan pemiliknya melalui fitur fitur interaksi yang ada seperti live chat via Yahoo Messenger, Facebook, MSN, atau chat box dll.

Pengertian Web ( Website )

Web (Website) atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Dan dikatakan  bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website.
Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll.
Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.


Unsur-Unsur Web Site atau Situs
Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lain :
a. Domain Name
Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah URL adalah http://wirdalucky.blogspot.com/
Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet :
1. Generic Domains (gTLDs)
Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.
__ .com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan “commercial”.
__ .edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
__ .gov : merupakan domain untuk pemerintah (government)
__ .mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
__ .org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (organization).
2. Country-Specific Domains (ccTLDs)
Yaitu domain yang berakhiran dengan dua huruf ektensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id (Indonesia), .au (Australia), .jp (Jepang) dan lain-lain. Domain ini dioperasikan dan didaftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, sch.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut berbeda tergantung pengguna dan penggunaannya, antara lain :
__.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
__ .ac.id : Untuk lembaga pendidikan
__ .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintah Republik Indonesia
__.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
__ .or.id : Untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dalam kategori “ac.id” “co.id”, “go.id”, “mil.id”, “net.id” dan lain-lain.
__ .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
__ .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
__ .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan
kegiatannya di World Wide Web. (http://www.geocities.com/roffl/domain_name.htm )
Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak ada satu pun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya. Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka tertentu (tahunan).
b. Hosting
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB ( Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri.
c. Scripts/Bahasa Program
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs makin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekuensi kunjungan.
Beragam script saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis-jenis scripts yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang setiap situs menggunakan adalah HTML sedangkan ASP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.
Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual scripts yang biasanya berada di luar negeri. Harga scripts rata-rata sangat mahal karena sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini terutama digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat. Khusus Jilbab Online menggunakan bahasa ASP (Active Server Pages).
d. Design Web
Setelah dilakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site.
Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Saat ini sangat marak jasa web designer, terutama di kota-kota besar.
Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya.
Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer.
e. Publikasi
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut dengan publikasi atau promosi.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamflet-pamflet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb)
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan uang akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung

Senin, 03 Januari 2011

PENGGALANGAN DANA SECARA ONLINE

      Pada zaman sekarang ini, penggalangan dana untuk bencana alam bukan hanya melalui pemungutan amal dari rumah kerumah, namun dapat dilakukan melalui online. Salah satunya seperti melalui media TV atau internet yang kemudian dananya akan kita transfer melalu ATM kita.
Penggalangan dana itu sebelumnya akan di publish melalui media TV atau internet. Contoh penggalangan dana melaui internet :

  • ·         Charity Concert untuk wasior
  • ·         Charity for Jawa Barat
  • ·         Blogor Charity 2010
  • ·         PEACE-LOVE-INDONESIA Charity for Wasior, West Papua


Jika penggalangan dana lewat Televisi dapat kita llihat melalui berita – berita yang ada di stasiun televisi.

Penggalagan dana juga dapat dilakukan melalui media via sms, seperti berita dibawah ini :
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solo, Jawa Tengah, segera meluncurkan penggalangan dana secara online melalui layanan pesan singkat (SMS).

"Layanan tersebut akan segera kami berikan pada Juli 2010," kata Ketua PMI Solo, Sumartono Hadinoto di Solo, Sabtu.

Dia mengatakan, masyarakat dapat menyalurkan dananya sebagai sumbangan bagi PMI secara langsung melalui telepon selular mereka. "Selain itu, melalui layanan tersebut masyarakat dapat secara langsung memberikan masukan bagi PMI siapa yang mendapatkan sumbangan tersebut," kata dia.

Informasi dari masyarakat secara langsung, lanjutnya, PMI akan menerjunkan tim survey untuk melihat seberapa layak orang yang direkomendasikan untuk mendapatkan sumbangan tersebut.

Hal tersebut, menurutnya, akan lebih mudah bagi masyarakat dalam memberikan sumbangan, serta akan lebih tepat sasaran. "Upaya dalam memberikan sumbangan tersebut berawal dari peninjauan kami mengenai ketidakefektifan program Bulan Dana PMI," kata Sumartono.

Pada program yang sudah lama berlangsung tersebut, kata dia, sering dikeluhkan oleh masyarakat karena banyak dari keluarga di Solo yang anggota keluarganya harus memberikan sumbangan lebih dari dua kali melalui pembayaran tagihan-tagihan tertentu.

Untuk melancarkan layanan penggalangan dana melalui SMS tersebut, lanjutnya, PMI Solo bekerja sama dengan empat "provider" telepon selular, seperti Telkomsel
http://twitter-badges.s3.amazonaws.com/t_mini-a.png, Indosat, Telkom Flexi, dan terakhir dalam proses penggodogan bersama Tri dan Esia. "Besaran jumlah sumbangan akan segera disosialisasikan ke masyarakat," kata dia.

Jadi sebenarnya untuk memberikan bantuan itu sangat mudah pada zaman sekarang ini, karena banyak media yang dapat kita manfaatkan.